Dalam
lingkungan bisnis, suatu perusahaan bisa berkembang dan dipercaya pelanggannya
dan yang lain malah ditinggalkan. Kenapa demikian? Bagi perusahaan yang
dipercaya pelanggannya, mereka bahkan akan turut serta promosi perusahaan
tersebut karena puas dengan layanan yang diberikan. Bagi Anda sebagai
wirausahawan atau bergerak dibidang bisnis, maka Anda pasti juga menginginkan
hal yang sama bukan?
Pelayanan
yang memuaskan akan membuat pelanggan bertahan dan tidak kabur ke pesaing
produk sejenis. Perusahaan wajib melayani pelanggan dengan baik dan prima agar
merasa puas, setia, jadi bagian dari kesuksesan perusahaan.
Ada 6 Cara
yang bisa dilakukan untuk melayani pelanggan dengan prima.
1. Pelatihan
Pelayanan Prima
Buat pelatihan pelayananan pelanggan terutama bagi customer
service supaya dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan efisien.
Customer service perlu memiliki product knowledge,
harga, hingga aspek teknis dari produk sehingga mampu melayani dengan prima.
Kemampuan komunikasi handal juga krusial dalam memahami apa yang pelanggan
inginkan dan dalam berbicara dengan mereka.
2. Pusatkan
perhatian pada pelanggan
Perhatikan
nada bicara, jadilah percaya diri tapi tidak dengan emosi jika pelanggan datang
membawa komplain. Dengarkan keinginan pelanggan dengan seksama dan catat segala
kebutuhan dengan kemampuan komunikasi yang prima. Dalam melayani, tempatkan
pelanggan di urutan pertama layaknya orang terdekat, seperti rekan sekerja atau
pimpinan di perusahaan Anda
3.
Memberikan pelayanan yang efisien
Lakukan pada
saat itu juga, jangan biarkan pelanggan menunggu karena mereka ingin
permasalahannya segera diselesaikan. Pelanggan akan puas dan percaya bahwa
perusahaan Anda kredibel dan bertanggung jawab tekait keluh kesah,saran, kritik
mereka.
Siagakan
supervisor untuk membantu costumer service jika mengalami kesulitan dalam
pertanyaan sulit dan teknis dari pelanggan.
4.
Pendekatan Personal
Ingatlah
nama setiap pelanggan meski jumlahnya banyak karena cara pendekatan personal
seperti ini ampuh menjaring pelanggan loyal. Selain itu, berikan ucapan selamat
di momen tertentu sebagai bentuk pelayanan prima dari Anda sehingga semakin
setia terhadap perusahaan.
5. Membina
hubungan baik dengan pelanggan
Tunjukkan
simpati, berbicara dengan penuh perasaan, dan berikan solusi untuk menunjukkan
bahwa Anda paham keinginan pelanggan. Mintalah feedback dari pelanggan dalam
bentuk survei kepuasan layanan agar bisa berbenah jika terdapat kekurangan
dalam layanan.
6.
Mengalihkan pelayanan ke pihak lain
Bila
pelanggan meminta pelayanan di luar keahlian Anda maka alihkan pelayanan
tersebut pada pihak lain yang memiliki kemampuan. Dengan pengalihan tersebut
akan terlihat bahwa perusahaan atau bisnisAnda telah bekerja dengan
profesional.Hubungi pihak lain mengenai permintaan pelanggan dan berikan nomor
kontak kepada pelanggan agar mereka mudah berhubungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar